Apa Itu ISO 9001? Pahami Kegunaannya, Bukan Pasalnya

Apa Itu ISO 9001? Pahami Kegunaannya, Bukan Pasalnya

Salah satu pertanyaan yang paling kerap ditanyakan oleh perusahaan yang belum memahami ISO 9001: “Apa sih gunanya ISO 9001? Customer kami tidak minta ISO 9001, selanjutnya buat apa kami ISO 9001? Dengan terdapatnya ISO 9001 ongkos menjadi naik, menjadi malah repot”.

Menjawab pertanyaan ini, kami kerap mengilustrasikan ISO 9001 seperti franchise. Franchise makanan yang baik memiliki standar yang jelas, yang perlu diikuti oleh karyawan, sehingga rasa masakan mampu sama di setiap cabang. Rasa masakan tidak terkait berasal dari koki yang memasak makanan tersebut.

Menerapkan ISO 9001 bermakna memicu standar yang menjadi pedoman didalam operasional perusahaan. Perusahaan yang baik dapat lebih terkait terhadap sistem, bukan orang. Kenapa perlu terkait terhadap Sistem? Karena orang terhadap saatnya dapat berganti, baik sebab regenerasi, pensiun, atau tukar ke perusahaan lain. Jika perusahaan tidak memiliki pedoman operasional yang baku, maka cara kerja dapat berubah-ubah terkait terhadap mandornya. Saat mendapat mandor yang baik, maka hasilnya dapat baik, tetapi sementara mandornya tidak baik, hasilnya juga dapat menjadi tidak baik.

ISO 9001 mengarahkan perusahaan memiliki “PEDOMAN OPERASIONAL YANG TERBAIK UNTUK MENGHASILKAN KUALITAS YANG TERBAIK” Apa Itu ISO ? .

ISO 9001 tidak berisi ketentuan yang perlu diikuti, tetapi berisi pedoman bagi perusahaan yang inginkan memiliki sistem operasional yang baik. Bagi pemimpin atau perusahaan yang tetap melacak panduan bagaimana mengelola operasional yang baik, perusahaan mampu pakai ISO 9001 sebagai referensi. Terlepas perusahaan dapat disertifikasi atau tidak, ISO 9001 mampu menjadi referensi pedoman yang lumayan lengkap didalam mengelola operasional perusahaan.

[KETAHUI: BIAYA ISO 9001 SEBENARNYA GRATIS]

Dalam menjelaskan ISO 9001, kami tidak menaruh fokus terhadap penjelasan pasal-pasal seperti seperti studi Undang-undang. Tetapi kami lebih berfokus terhadap “Reason Behind”, yaitu alasan yang melatar belakangi terdapatnya pasal tersebut.

Sebagai contoh, kriteria ISO 9001 menuntut terdapatnya management review. Kami menjelaskan bahwa management lihat adalah mereview pencapaian kinerja. Semua perusahaan pastinya perlu memiliki meeting teratur membicarakan pencapaian kinerja dan melakukan tindakan aksi sementara kinerja yang sudah ditetapkan tidak tercapai. Business plan meeting yang biasa ditunaikan oleh perusahaan mampu diclaim sebagai management review konsultan iso jakarta .

Bonus Tip:
Jangan fokus mempelajari interpretasi berasal dari pasal, tetapi pelajari reason behind berasal dari kriteria selanjutnya sehingga kami mampu memahami alasan dan kegunaannya. Dengan memahami kegunaannya, perusahaan atau pemimpin menjadi memahami bahwa perihal selanjutnya memang perlu dan bagus untuk perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *