HAKI: Kekuatan Merek

Siapa pun yang ingin mendapatkan hak eksklusif untuk menjual, memproduksi, dan menggunakan penemuan yang dia buat selama beberapa tahun harus mendapatkan paten terlebih dahulu. Paten adalah jenis dokumen yang sangat spesifik yang berisi perincian lengkap dari syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah sehingga penemu dapat memiliki sepenuhnya penemuan tersebut. Isi dokumen juga menawarkan kepada pemegang paten hak untuk haki diberi kompensasi jika orang atau organisasi lain melanggar paten dengan cara apa pun. Dalam hal ini, pemegang paten berhak melakukan tindakan hukum terhadap pelanggarnya. Istilah kepemilikan juga dikenal secara kolektif sebagai “hak kekayaan intelektual” penemu.

Mengajukan paten bermanfaat dalam banyak hal. Pertama, Anda memiliki instrumen yang ampuh untuk mempertahankan dan melindungi ide dan kreasi Anda. Kedua, Anda memegang dokumen hukum yang dengan jelas menyatakan perusahaan dan individu harus membayar sejumlah uang jika mereka memilih untuk menggunakan ide asli Anda. Berikut adalah beberapa pedoman bermanfaat tentang cara mendapatkan paten atas penemuan Anda.

Apa yang perlu Anda persiapkan

Sebelum Anda mengambil langkah pertama untuk mendapatkan paten, Anda harus menyadari bahwa proses tersebut membutuhkan waktu, tenaga, dan sumber daya yang cukup besar. Berdasarkan regulasi yang ada, perolehan paten dasar rata-rata memakan waktu enam tahun. Anda harus siap mengeluarkan banyak uang untuk biaya pengacara. Selain itu, industri paten menangani produk secara berbeda. Misalnya, persyaratan dan perjanjian untuk produk telekomunikasi dan bioteknologi berbeda dari perangkat konsumen.

Apa yang harus Anda putuskan

Penting juga untuk mempelajari produk atau ide yang telah Anda buat. Anda harus menentukan jenis paten yang paling tepat. Mungkin merek dagang adalah pilihan yang lebih baik daripada paten penuh. Jika Anda akhirnya memutuskan untuk mematenkan ide Anda, Anda juga dapat mengembangkan dan mengajukannya sendiri. Para ahli memperingatkan mereka yang memutuskan untuk mengambil jalan ini bahwa dibutuhkan sekitar 150 jam perjalanan dalam beberapa bulan untuk memulai. Pekerjaan berlanjut selama bertahun-tahun setelahnya. Seseorang yang memiliki kesabaran dan perhatian terhadap detail untuk membuat dokumen yang diperlukan dapat menghasilkan paten DIY. Apakah Anda memiliki kualitas-kualitas ini? Jika demikian, Anda perlu mempersiapkan diri untuk pekerjaan yang terlibat.

Apa yang perlu Anda ketahui

Anda juga perlu mengetahui apakah penemuan Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan paten. Apakah ide atau kreasi Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan perlindungan paten? Ini memerlukan pemahaman tentang undang-undang paten di negara Anda. Ada spesifikasi di bawah hukum yang ada yang harus Anda pelajari. Selain itu, lakukan penelusuran paten sehingga Anda dapat yakin bahwa penemuan Anda tunggal, unik, dan berbeda dari penawaran orang lain. Jika seseorang telah memiliki hak paten untuk ide serupa, dan perbedaannya tidak cukup sehingga penemuan Anda dapat dianggap asli, aplikasi Anda pasti akan ditolak.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *