Mengutamakan Bisnis

Organisasi nirlaba (NPO) didefinisikan sebagai organisasi yang tidak mendistribusikan pendapatan surplus kepada pemegang saham melainkan menggunakan dananya untuk mengejar tujuan publik tertentu. Juga disebut “organisasi nirlaba”, NPO dapat mengajukan status bebas pajak tertentu selama memenuhi persyaratan pemerintah.

Fitur organisasi nirlaba

Fokus utama dari organisasi atau Hukum Bisnis Internasional perusahaan nirlaba bukanlah untuk mengumpulkan keuntungan melainkan untuk memenuhi tujuan yang mereka tetapkan. Alih-alih membagikan keuntungan kepada anggota, setiap pendapatan tambahan yang dihasilkan organisasi (disebut “surplus”) didaur ulang kembali ke dalam organisasi untuk memajukan tujuan mereka. Skema keuangan ini berfungsi untuk memastikan bahwa ada perusahaan yang ada untuk mempromosikan Jasa Pembuatan Kontrak Kerja Bisnis di Jakarta upaya yang bertujuan memberi manfaat bagi umat manusia secara keseluruhan.

Biasanya tujuan nirlaba dinyatakan dalam pernyataan misi organisasi. Penting bagi pernyataan misi untuk secara jelas dan tepat mendefinisikan tujuan organisasi, karena status nirlaba mereka bergantung pada tujuan mereka.

Status Bebas Pajak

Untuk mendapatkan status bebas pajak, tujuan organisasi harus sesuai dengan salah satu kategori tujuan publik berikut:

Sosial
Pendidikan
Sastra
Keagamaan
Ilmiah
Penting untuk dicatat bahwa tujuan harus nyata dan dapat dibuktikan. Ini berlaku bahkan untuk kategori agama dan ilmiah; banyak organisasi tidak memenuhi syarat sebagai organisasi nirlaba karena tujuan mereka tidak layak. Misalnya, organisasi yang mengaku mengejar “tujuan ilmiah mempelajari kucing terbang” mungkin tidak memenuhi syarat; sedangkan, komunitas sastra yang ada untuk membahas kucing terbang dalam literatur populer mungkin termasuk dalam kategori sastra.

Pembebasan pajak berarti bahwa organisasi tidak harus membayar pajak federal atau negara bagian atas aktivitas yang berkaitan dengan tujuan organisasi . Ini berarti bahwa organisasi harus menunjukkan bahwa ia bekerja secara aktif untuk mencapai tujuannya melalui dokumentasi yang tepat. Sekali lagi, ini berfungsi sebagai insentif bagi lebih banyak organisasi untuk memberikan kontribusi terhadap pembangunan dan upaya kemanusiaan. Organisasi nirlaba tetap harus membayar pajak atas aktivitas yang tidak terkait dengan tujuan mereka, misalnya, penjualan produk atau layanan yang tidak terkait.

Mengajukan status Nirlaba

Mayoritas organisasi nirlaba yang diajukan hari ini melakukannya sebagai “Organisasi Amal” berdasarkan pasal 501 (c) (3) Kode Pendapatan Internal yang ditetapkan oleh Internal Revenue Service. Ini dilakukan dengan mengisi Formulir IRS 1023. Ada biaya pengajuan $ 850 jika organisasi menghasilkan lebih dari $ 10.000, dan biaya $ 400 jika organisasi tersebut menghasilkan kurang dari $ 10.000.

Beberapa organisasi seperti gereja secara otomatis memenuhi syarat sebagai organisasi nirlaba, bahkan tanpa pengajuan. Selain itu, biaya dapat berubah, jadi periksa kembali dengan IRS untuk memverifikasi jumlah biaya pengarsipan.

Organisasi Amal berbeda dari “badan amal publik” dan “yayasan swasta”. IRS mendefinisikan amal publik sebagai amal yang memperoleh sebagian besar pendapatannya dari publik atau dari dukungan pemerintah. Yayasan swasta didefinisikan sebagai organisasi yang menerima pendanaan dari sumber swasta seperti investasi. Selain itu, yayasan swasta tidak menyebarkan dananya secara langsung untuk amal melainkan memberikan hibah kepada organisasi lain. Baik badan amal publik maupun yayasan swasta berada di bawah pasal 509 dari Kode Pendapatan dan bukan di bawah 501.

Kesimpulan

Jika Anda ingin menentukan kelayakan organisasi Anda untuk nonprofit, status bebas pajak, pastikan untuk memeriksa ulang apakah tujuan perusahaan sesuai dengan salah satu kategori tujuan yang dijelaskan. Selain itu, Anda ingin menentukan dengan tepat aktivitas mana yang terkait dengan tujuan organisasi Anda. Jika Anda perlu mengetahui lebih banyak detail, tanyakan kepada IRS atau dapatkan pengacara LegalMatch yang dapat membantu Anda menyiapkan dokumen.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *